Selasa, 15 September 2015

ASEAN Scholarship for Indonesia AY2016

Halo. Pada kesempatan ini, aku mau berbagi cerita tentang pengalamanku mengikuti seleksi ASEAN Scholarship for Indonesia. 

Sebelumnya, apa sih ASEAN Scholarship for Indonesia itu? Jadi, ini adalah sebuah program beasiswa dari Ministry of Education Singapore untuk pelajar ASEAN. Program ini diadakan tiap tahun. Kalau kepilih, kita bakal sekolah di Singapore. Beasiswa ini diberikan untuk pelajar kelas 9 SMP. Syarat, ketentuan, dan penjelasan lainnya ada di website MOE atau klik di sini

Tahun 2014, aku iseng-iseng mencari beasiswa untuk SMA. Setelah mencari dan mencari, akhirnya aku nemu ASEAN Scholarship dari MOE Singapore. Aku buka website-nya dan aku baca. Aku tertarik untuk ikut. Tapi, waktu itu aku masih kelas 8. Jadi, aku simpen aja untuk tahun depan. Biar enggak lupa, aku daftar dulu di website nya. Bukan daftar untuk apply scholarship-nya. Tapi daftar untuk mendapatkan notifikasi kalau beasiswa untuk AY2016 sudah dibuka via e-mail.

Setelah ujian nasional 2015, aku ngecek website-nya lagi dan ternyata pendaftarannya sudah buka. Aku--yang waktu itu kebetulan akses website lewat HP--nyoba buat daftar. Ternyata harus buat account yang isinya macem-macem dulu. Karena lumayan banyak yang harus diisi, aku ngisinya lewat PC aja. Jadi, yang perlu diisi itu nama lengkap, tanggal lahir, kewarganegaraan, gender, ras, agama, tempat lahir, nomer akte kelahiran, nomer passport, tanggal pengeluaran dan kadaluwarsa passport, dan upload passport size photo (background-nya warna putih. Waktu itu aku fotonya di tembok rumah dengan kamera seadanya dan baju sesantai mungkin :)))

Setelah itu, pas sudah berhasil bikin account, kita harus ngisi data-data lainnya. Ada personal particulars, educational background,
examination result, parents' particulars,  siblings' particulars, outstanding academic achievements, CCAs in school, other background, survey, dan declaration and submission. Enggak perlu nulis macem-macem. Cuma tinggal ngisi kolom yang sudah disediakan. Intinya, ngisinya harus jujur. Untuk bagian prestasinya, pilih prestasi yang bener-bener outstanding karena kolomnya cuma 6. Untuk bagian ekstrakurikuler, kolomnya lumayan banyak. Jadi isi aja semua ekskul yang pernah diikutin. Ingat! Jangan pernah memalsukan data. Kalau semua bagian sudah terisi, cek ulang. Untuk jaga-jaga, print aja application form-nya (ada kok pilihannya). Terus, submit deh. Kalau sudah berhasil, bakal dapet e-mail sama application number. Untuk jaga-jaga lagi, print aja itu. Sekarang, tinggal nunggu hasilnya. Kalau lolos, bakal dapet e-mail dan/ surat.

Waktu itu sekitar bulan Juni-Juli aku lagi liburan. Lagi enggak di rumah deh pokoknya. Terus, suatu pagi, tanggal 15 Juli 2015 10:30 WITA, ada notification masuk ke HP. New e-mail from MOE Singapore. Aku langsung buka, baca, dan speechless. Mata sempet berkaca-kaca. Terus aku ngasi tau semua orang yang ada di rumah. Seneng banget rasanya. Aku lolos tahap pertama dan diundang untuk mengikuti selection test di Surabaya!

Setelah selesai liburan, aku pulang ke rumah dan mulai nyari informasi tentang tes tersebut. Tesnya ada General Ability Test, English Test, sama Mathematics Test. Pelajaran secondary two di Singapore atau setara dengan kelas 3 SMP di Indonesia. Aku cari-cari deh soal-soal ujian mereka. Nyarinya susah banget. Sampai-sampai aku menghubungi publisher past year paper yang ada di sana, walaupun hasilnya nihil. Setelah aku cari lagi, akhirnya ketemu satu website yang menyediakan GCE O level exam paper & solution. Aku kerjain deh soal-soalnya. Matematikanya lumayan. Mirip-mirip soal UN, cuma ada beberapa yang belum diajarin di SMP.

Selection test diadakan di Surabaya tanggal 2 Agustus 2015. Aku di Bali. Jadi, harus pergi ke Surabaya. Pilihan pertama, tentu saja naik pesawat. Tapi, karena waktu itu Gunung Raung sering erupsi, mengeluarkan abu, dsb., aku sempet ragu bisa ke sana. Tapi, mami sama papi enggak kehabisan ide. Mereka mesen tiket untuk tanggal 1 Agustus 2015 pagi. Kalau enggak bisa berangkat karena Gunung Raung, jadi aku sama papi bisa naik bus. Waktu itu galau berat karena enggak bisa ikut MOS hari terakhir yang paling aku tunggu-tunggu. Kata mami, "Relakan salah satu. Kesempatan enggak datang dua kali." Jadi aku relakan MOS dan tanggal 1 Agustus 2015 aku berangkat ke Surabaya. Penumpang pesawatnya sedikit sekali. Serasa naik private jet, hahaha.

Sampai di Surabaya, aku sama papi dijemput sama Ce Shinta. Terus kita diajak ke Pasar Atum Mall. Makan siang dan jalan-jalan sedikit. Sudah agak capek, kita check in ke Hotel Ciputra World. Kenapa nginep di sana? Karena tes keesokkan harinya diadakan di hotel itu. Biar enggak repot dan jauh, jadi nginep di sana aja. Hotelnya baru. Keren banget. Interior design-nya keren. Setelah check in, kita ke Mal Ciputra World yang jaraknya deket banget. Tinggal naik lift, sampai deh di mal. Ce Shinta ngajak jalan-jalan dan wisata kuliner. Beli macem-macem tanpa memedulikan timbangan, hahaha. Jalan-jalan sampai malam dan akhirnya setelah bersih-bersih, aku belajar. Sedikit.

2 Agustus 2015. Selection test mulai jam 09.00 WIB. Biar enggak terlambat, aku sama Ce Shinta breakfast jam 6 lebih. Masih sepi. Jadi kita ambil-ambil aja. Pertama, sereal. Terus ambil main course. Diakhiri dengan fruit yogurt & fruit pudding. Bener-bener. Ke Surabaya itu makan > belajar. Sekitar jam setengah 9, Victory level 8 (tempat selection test) sudah mulai rame. Aku enggak kenal siapa-siapa. Aku masuk ke Victory 3 dan nyari mejaku. Ketemu deh. Feonie Audina Haryantho 330029. 

Acara mulai tepat waktu. Diawali dengan pengecekkan identitas. Jadi, bawa surat atau e-mailnya sama passport/akte kelahiran. Habis itu, cari tempat duduk masing-masing. Aku duduk di class 1. Tanpa basa-basi, instrukturnya menginstruksikan class 1 untuk pergi ke ruangan sebelah dan mengerjakan General Ability Test. Soalnya--kalau enggak salah--96 dan waktu mengerjakan 20 menit. GAT itu semacam tes IQ. Dikasi gambar berpola dan kita harus nentuin pola selanjutnya. 20 menit itu enggak lama. Cepet banget, malah. Setelah GAT selesai, kita balik ke Victory 3 dan giliran class 2 yang ngerjain GAT. Class 1 dapet briefing. Instrukturnya ngasi pengarahan sama pengenalan tentang sistem pendidikan di Singapore. Ada sesi tanya jawabnya juga. Tapi perlu diingat, semua instruksi, pengarahan menggunakan Bahasa Inggris karena instrukturnya cuma ada 2, Singaporean. 

Setelah semua kumpul di Victory 3, Math test dimulai. Soalnya juga Bahasa Inggris. Ada glossary-nya juga. Tapi dalam Bahasa Melayu dan cuma nomer-nomer tertentu saja. Soalnya esai dan ngerjainnya pakai cara. Waktu pengerjaan cuma 2 jam. Iya, CUMA 2 jam. Mungkin kedengarannya lama, tapi aslinya cepet banget. Aku kekurangan waktu. Soalnya lumayan susah. Mirip soal UN tapi lebih dikembangkan dan juga ada matriks, trigonometri, dan lupa lagi. 

Selesai test, kita dapet lunch break selama 1 jam. Di luar, Ce Shinta, Papi, Om Andi, sama Giankevin sudah nunggu. Kita lunch deh di food court mal CW. Aku makannya ngebut karena 1 jam itu cepet banget bagiku untuk makan. Btw, aku udah punya kenalan baru. Temen sebangku namanya Cantik & Gaby. Selesai lunch, aku balik ke Victory 3. 

English test. Ada 2 tahap. Paper 1 ngerjain soal dan paper 2 nulis 300 words essay. Paper 1? Susah banget. Susah. Susah. Susah. Pelajaran SMP? Lewat! SMA? Lewat! Macem tes TOEFL. Intinya, banyak-banyakin vocabulary. It will help so much! Aku ngerjainnya dengan jurus cap cip cup. Semoga aja hasilnya bener hahaha. Paper 2 jauh lebih gampang. Cuma buat 300 words essay. Dikasi 2 tema. Waktu aku, temanya itu--seingetku--ceritakan tentang rencanamu yang harus tertunda karena cuaca buruk atau ceritakan tentang barang yang penting dalam hidupmu. Aku pilih yang kedua aja. Tulis deh panjang lebar. Waktunya cuma 15 menit. Tulis tangan :)

Selesai test, kita langsung ninggalin ruangan dan pulang. Enggak ada briefing/pengumuman lainnya. Cuma dibilang, yang lolos seleksi ini akan dihubungi lewat e-mail dan/ surat. Malam itu juga, aku dan papi balik ke Bali karena besoknya adalah hari Senin dan aku harus sekolah :) :) :)

--------
Sekarang sudah tanggal 15 September 2015. Pertengahan September dan aku enggak dapet e-mail atau pun surat. Jadi, ya, gitu deh. :) Memang mungkin belum jodohnya. Persiapan untuk english test-nya kurang, sih. Hahaha. Tapi enggak apa-apa. Masih banyak kesempatan lainnya.

Bagi yang mau ikut untuk tahun depan, semangat dan persiapkan dari sekarang, ya!

Bali, 15 September 2015 22:00 WITA
-Feonie-

22 komentar:

  1. Boleh minta kontak yg bsa dihubungi? Saya mau tnya bnyk ttg asean scholarship hehe.. Makasih

    BalasHapus
  2. Hai dear,
    Kalau lolos seleksi, apakah kita yang pilih sekolah atau pihak panitia?
    Ada tips khusus untuk atasi masalah paper 1 vocabolary? Misalnya jenis buku yang harus dilahap.
    Semoga berkenan menjawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seinget saya sih pihak panitia yang menentukan sekolahnya.

      Kalau soal itu, saya juga tidak tau apa yangharus dipelajari karena saya sendiri kurang persiapan saat itu

      Hapus
    2. Seinget saya sih pihak panitia yang menentukan sekolahnya.

      Kalau soal itu, saya juga tidak tau apa yangharus dipelajari karena saya sendiri kurang persiapan saat itu

      Hapus
  3. Soal matemamatikanya itu pelajaran UN smp atau olimpiade ..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajaran SMP dan SMA. Bisa dilihat silabusnya, kok.

      Hapus
  4. Apakah soal matematikanya ada pelajaran SMA..?

    BalasHapus
  5. Apakah soal matematikanya ada pelajaran SMA..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajaran SMP dan SMA. Bisa dilihat silabusnya, kok.

      Hapus
  6. Kak, itu kalau keterima disana, trus nilainya turun gitu apa bakal dipulangkan ke indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentang kehidupan di sana nantinya bakal dijelasin di seleksi tahap 2. That's why your parents must accompany you to get the information because it'll be announced during the test

      Hapus
    2. Tentang kehidupan di sana nantinya bakal dijelasin di seleksi tahap 2. That's why your parents must accompany you to get the information because it'll be announced during the test

      Hapus
  7. Apa harus punya passport dulu kak?

    BalasHapus
  8. Kak itu kita kostumnya apa? Pake seragam sekolah atau pakaian bebas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bebas rapi tapi ada yang pakaian sekolah^^

      Hapus
  9. Kak, itu yg bagian examination results, hrus diisi dengan nilai un? Atau bsa diisi dengan nilai ujian akhir semester?

    BalasHapus
  10. Kak,contoh contoh outstanding achievments apa aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bantu jawab ya!

      prestasi akademik, kalau emg gaikut lomba gtgt mungkin kamu top 3 ? atau semacamnya yang emg ada buktinya, goodluck!

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. kak, mau tanya website yg menyediakan GCE O level exam paper & solution tdi itu apa ya?

    BalasHapus
  13. Hello saya mau tanya waktu kerjain math apakah boleh gunakan calculator scientific??

    BalasHapus